Ayo Bergabung!

Jumat, 12 Mei 2017

Sambiloto, Potensi Terbaik Antiviral dan Pendongkrak Imun

Di dunia ini sebetulnya terlimpah banyak sumber daya alam yang diciptakan Tuhan untuk dimanfaatkan sebagai pengobatan alami. Bila kita melihat kebiasaan manusia yang menjunjung kearifan lokal, mereka tampak segar bugar dan sehat.
Sambiloto (Andrographis paniculata) disebut sebagai tanaman dengan banyak manfaat dan potensi. dari banyak hasil penelitian dan pengembangan, Ekstrak sambiloto memberikan hasil yang sangat memuaskan, terlebih pada pasien dengan penyakit infeksi dan penurunan kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan aktivitas biologis pada zat Andrographolide yg yang terkandung dalam sambiloto.  Dari banyak jurnal ilmiah yang sudah dikumpulkan MAHA STAR, berikut adalah manfaat dari tanaman sambiloto.

  1. Efek Hepatoprotektif: dari banyak penelitian, ternyata ektrak sambiloto dengan kandungan andrographolide ini memiliki fungsi sebagai pelindung liver atau hepaprotektif. Sambiloto dapat melindungi kerusakan liver yang diakibatkan berbagai hal terutama toksisitas atau kerusakan liver akibat toxic/racun.
  2. Antimikroba dan antiparasit: Ternyata andrographolide dalam sambiloto juga mampu menangkal infeksi-infeksi dari bakteri, virus, dan parasit. Bakteri yang efektif dibasmi oleh sambiloto sebagaian besar adalah bakteri-bakteri pencernaan yang merugikan, sangat efektif bagi anda yang mengalami masalah pencernaan. Sambiloto juga terbukti efektif menghambat virus herpes simplex tanpa ada efek samping juga beberapa parasit yang menjangkiti sumber air
  3. Antioksidan dan Anti-inflamasi: Selain kandungan andrographolide, ekstrak sambiloto juga mengandung phenol dan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. 
  4. Terapi penyakit infeksi: beberapa penyakit infeksi seperti leptospirosis, TB paru, dan meningitis dapat dibantu penyembuhannya dengan terapi ekstrak sambiloto dan terbukti efektif dengan efek samping hampir tidak ada.
  5. Immune booster dan Inhibitor HIV: Sebuah penelitian juga dilakakun terhadap pasien HIV, dimana hasilnya terdapat peningkatan CD4 yang signifikan, yang bisa disimpulkan bahwa sambiloto dapat menginhibisi (mengganggu) replikasi HIV.

Mengolah Sambiloto
Cara termudah dan terbaik untuk memanfaatkan sambiloto adalah dengan cara dibuat menjadi teh. tanaman sambiloto (bisa juga yang sudah dikeringkan) bisa diseduh dengan air panas sehingga zat-zat bermanfaat yang terkandung dalam tanaman itu terekstrak optimal. 
Ratio secara umum adalah segenggam sambiloto direbus dengan 3 cangkir air hingga tersisa 1 cangkir air, saring dan minum. bisa diminum 2-3 kali sehari.

Efek Samping
Karena kandungannya yang sangat kaya, tidak semua orang bisa mudah mengonsumsi sambiloto. Pola hidup dan kondisi fisik berpengaruh juga pada efek samping yang dirasakan. Selama dalam takaran normal, tidak berlebihan, dan tidak dalam jangka panjang, sambiloto aman dikonsumsi.
Efek samping yang pernah dilaporkan adalah mual dan gangguan pencernaan akibat dari kandungan andrographolide yang sangat pahit. Perhatikan juga waktu jeda terapi sambiloto jika anda sedang menggunakan obat-obatan kimia sebagai treatmen utama, dikhawatirkan terdapat kontra indikasi.


Berikut adalah video dari youtube MAHA STAR tentang sambiloto sebagai terapi.

HIV dapat diatasi dengan sambiloto (courtesy Berita Islam Masa Kini)

Sumber:


0 komentar:

Posting Komentar