Ayo Bergabung!

Sabtu, 11 Juni 2016

ARV EFFECT: #1 Lipoatrophy - Lipodistrophy


Selain banyak membahas tentang keluhan-keluhan member, saya rasa kita perlu tau juga tentang ARV, karena jelas, kita di sini menentang dan menolak ARV. Salah satunya karena efek jangka panjang (beberapa pro-ARV sering mengatakan bahwa mereka tidak merasakan efek apapun, padahal penggunaan obat jangka panjang tentu akan berakibat negatif pada tubuh). dari sekian banyak efek samping jangka panjang, kita bahas sama-sama tentang Lipodistrophy (feel free to correct, add, or ask yaa).

Lipodistrophy (atau lipodistrofi) adalah kondisi medis dimana muncul jaringan lemak abnormal pada bagian tubuh yang tidak seharusnya. Seharusnya lemak pada manusia akan tertimbun pada pipi, lengan, perut, bokong dan paha, namun karena efek ARV lemak ini salah terdistribusi sehingga muncul di tempat yang tidak semestinya seperti leher belakang (biasa disebut "buffalo hump"/punuk kerbau), dan di dada pria (seperti memiliki payudara). Lipodistrofi ini juga berhubungan erat dengan lipoatrophy (lipoatrofi), yaitu kehilangan lemak/perubahan distribusi lemak, misalnya pipi yang sangat tirus. Bayangkan pengguna ARV yang mengalami lipodistrofi-lipoatrofi, pipi mereka tirus, namun punuk dan payudara membesar (lihat gambar), hal ini tentu saja akan menimbulkan stigma di masyarakat dengan fisik yang "aneh". oh iya, lipo-distrofi/atrofi ini bersifat IRREVERSIBLE, tidak bisa berbalik normal bahkan jika penggunaan ARV dihentikan sekalipun. Pendistribusian lemak akan salah seumur hidup. satu-satunya cara adalah sedot lemak.
 gambar penderita "bufallo hump", efek samping jangka panjang


 Seorang pria yang terkena lipoatrophy, efek jangka panjang ARV

Koq bisa? bisa, hal ini karena mitokondria mengalami keracunan. regimen ARV yang menyebabkan 20-40% lipodistrofi adalah: D4T (stavudine), DDI (Didanosine), EFV (Evafirenz), AZT (Zidovudine).
That's all, perlu ribuan kali berpikir untuk menenggak ARV. sayangi tubuh kalian guys, Tuhan sudah menciptakan makanan dan obat tersebar di muka bumi, sangat tidak bersyukur bila anda memilih racun lab sebagai obat.
untuk efek samping jangka panjang lainnya bertahap ya 
keep healthy, bangkit bersama MAHA STAR!

sumber:
- Journal: Antiretroviral Therapy–Associated Toxicities in the
Resource-Poor World: The Challenge of a Limited
Formulary, CSE Global, 2007.

0 komentar:

Posting Komentar